Competitive Advantage


Competitive Advantage

                Setelah mendengarkan sambutan dari Rektor UPI Bandung dan Direktur Pascasarjana, sekarang saatnya menyerap ilmu dari salah satu guru besar Upi yang pernah menjabat sebagai direktur pasca yaitu Prof. Dr. Fuad Abdul Hamied, MA. P.Hd. mendapat gelar yang berderet yang diperoleh dari dalam dan luar negeri ini tentu sudah terbayang materi yang disampaikan akan sangat menarik. Benar saja, penampilan keynote speaker ini sangat menggugah hati dan memperkuat motivasi. Selama kurang lebih dua jam, kami menerima materi banyak hal yang dapat disarikan antara lain sebagai berikut.
                Kulaih umum tentang Competitive Advantage diawali dengan pengenalan istilah pascasarjana dengan sebutan Graduated School, Graduated Studies di Luar Negeri. Adapun di Indonesia, kebanyak kampus menggunakan istilah Program Pascasarjana sedangkan UPI menyebutnya dengan Sekolah Pascasarjana. Ada banyak alasan mengapa tahun ini jumlah pendaftar di sekolah pasca meningkat, antara lain untuk pendalaman ilmu, spesialisasi, peluang, pemenuhan syarat profesi, dan adapula yang karena tidak diterima bekerja atau tidak ada pilihan lain.
                Prof. Fuad menjelaskan mater ini dengan referensi The Habits Of Highly Effective People yang digagas oleh Steven Covey. Terdapat beberapa kiat yang dapat ditempu yaitu:
1.    Be Proactive, dengan cara mengatur jalan hidup dan selalu berusaha be your self. Dalam bahasa arabnya, Takunu Sabakoh.
2.    Begin With The End In Mind, Principles of Personal Leadership atau dalam bahasa arabnya Innamal A’malu binniyati walil akhirati khoirallaka minal awal.
3.    Put The First Things First, principles of personal management, berusaha tertib sesuai tuntunan agama untuk memanaj diri.
4.    Think Win/win, Interpersonal Leadership. Islah bainannas. Stop Galau!
5.    Seek First Ti Understand, Then ti be understood. Empathic Communication. Tasyiu al-awal an nafham, tsumma liyakunu mafhuma. Paham dan ajarkan sebagai basis pendidikan.
6.    Synergize. Cooperative Corporation. Bangun jaringan dan raih kesempatan.
7.    Sharpen The Saw. Tunjukkan kualitas diri dengan mempertajam kepekaan terhadap lingkungan kampus.
Dari tujuh pendapat Steven Covey ini, dibutuhkan keseimbangan antara kekuatan mental à pisycal à social à spiritual
Perlu adanya akuntabilitas ilmu yang secara keseluruhan dipahami dan diaplikasikan. Wala taqafu ma laisa laka ilmi waja’alnakum su’uba waqobaila lita’arofu
Berusaha untuk mencapai Excellent work habits and organization, than native intelligence or imagination
Organization à habits à excellent
Alam pembicaran dari profesor, ada juga menyinggung tentang BIPA, sayangnya peluang ini didapat oleh jurusan Bahasa Inggris. Dengan demikian, mahasiswa pendidikan bahasa Indonesia harus meningkatkan kemampuan bahasa inggris untuk mendapatkan peluang yang seharusnya ada di tangan. Jadi teringat nasihat Prof. Ilzamuddin Ma’mur ketika saya memohon rekomendasi akademik untuk melanjutkan studi, “Tingkatkan kemampuan berbahasa Inggris, belajar English Active dan dapatkan peluar untuk mengajar bahasa Indonesia di luar negeri” Semoga doa dan dukungan sang guru menjadi nyata. Ya Allah mudahkanlah, dan berikan aku pemahaman dalam menyerap semua pengetahuan dan menanam kebaikan seperti Wan Anwar yang sudah tenang, namun namanya tetap terkenang.
Salam Akademisi, Nita Nurhayati
Disarikan pada shubuh hari ba’da sahur
Kostan Geger Suni Bandung




Komentar